NGITUNG RUMUS MATEMATIKA YUUK…

JS03

NGITUNG RUMUS MATEMATIKA YUUK…

Luas Lingkaran, akar kuadrat, pangkat dua, wuuahh… gak aneh lagi tuh.., pasti rumus matematika. Kali ini kita coba yuk ngitung rumus matematika pake program PASCAL. Tapi sebelumnya baca dulu deh penjelasan berikut :

PI adalah suatu fungsi yang disediakan Turbo Pascal untuk mendapatkan nilai phi yaitu 3.14159…..

SQR adalah fungsi untuk menghitung nilai kuadrat dari suatu bilangan. Contoh: SQR(4), maka hasilnya adalah 4.

SQRT adalah fungsi untuk menghitung nilai akar kuadrat dari suatu bilangan. Contoh: SQRT(36), maka hasilnya adalah 6.

Jelaskan skarang kita akan bahas penggunaan sintak PI, SQR, dan SQRT. Langsung aja … tanpa basa basi, coba deh cotoh – contoh program di bawah ini !

Contoh01

1.Program Lingkaran;

2.Uses Crt;

3.Var r,L,K : Real;

4.Begin

5. Clrscr;

6. Write(‘Masukan jari-jari lingkaran (cm) : ‘); Readln(r);

7. L := pi * r * r;

8. K := 2 * pi * r;

9. Writeln;

10. Writeln(‘Luas lingkaran : ‘,L:10:2,’ cm2′);

11. Writeln(‘Keliling lingkaran : ‘,K:10:2,’ cm ‘);

12.End.

Contoh02

1. Program Lingkaran;

2. Uses Crt;

3. Var a,b,d : Real;

4. c : Integer;

5. Begin

6. Clrscr;

7. a := 5.3;

8. b := sqr(a);

9. c := 25;

10. d := sqrt(c);

11. Writeln;

12. Writeln(‘kuadrat a : ‘, b:6:0);

13. Writeln(‘akar kuadrat c : ‘, d:6:0);

14.End.

Untuk latihan coba kamu buat program untuk menghitung panjang sis miring segitiga siku – siku ! Rumus segitiga siku – siku : c2 = a2 + b2.

Kriteria input dan outpunya sebagai berikut:

Input : a dan b

Output : Panjang sisi miring

Petunjuk: Pakailah fungsi SQR dan SQRT.

About these ads

Posted on April 30, 2008, in Pascal. Bookmark the permalink. 23 Komentar.

  1. terima kasih, atas bantuannya

  2. arik lelaki_hebat

    hallo,,,bro,,,sebelumnya makasih udah posting tulisan” ini,,,itu sangat berguna buat pembelajaran saya,,,

    tapi saya mau nannya satu hal,,,
    cara buat penarikan akar pangkat 3 gimana ya??

    jawab plis,,,
    jawabnya bole ke email saya(ariksubagia@gmail.com) ato posting disini langsung,,,hehe,,,,

  3. †[R][I][P]†

    program Menu_Program;
    uses crt;
    var
    a:byte;
    i,n,x : integer;
    sigmay,sigmax,ratax,ratay,sigma,sigma1,sigma2,cov,varian : real;
    rerata,hsl : real;
    procedure hapus_layar;
    begin
    clrscr;
    end;
    procedure mean;
    begin
    writeln(‘Menghitung Mean dari beberapa Data’);
    writeln(‘———————————-‘);
    write(‘Masukkan banyak data yang akan di input :’);
    readln(n);
    sigma:=0;
    for i:=1 to n do
    begin
    write(‘Input x’,i,’ :’);
    readln(x);
    sigma:=sigma + x;
    end;
    rerata := sigma/n;
    writeln(‘Mean dari data – data terebut adalah ‘,rerata:5:2);
    readln;

    end;
    procedure varians;
    begin
    writeln(‘Menentukan Varians’);
    writeln(‘——————‘);
    write(‘Masukan banyak data : ‘);
    readln(n);
    while n<2 do
    begin
    writeln('Banyak data harus lebih dari 2');
    write('Masukkan banyak data : ');
    readln(n);
    end;
    sigma1 := 0;
    sigma2 := 0;
    for i := 1 to n do
    begin
    write('Masukkan data',i,' : ');
    readln(x);
    sigma1:=sigma1 + x;
    sigma2:=sigma2 + (x*x);
    end;
    hsl :=(n*sigma2 – (sigma1*sigma1))/(n*(n-1));
    writeln('Varians = ',hsl:5:2);
    readln;
    end;
    procedure covar;
    var
    x,y,px,py,k : array [1..100] of real;
    begin
    write('n = '); readln(n);
    sigmax := 0;
    sigmay := 0;
    for i := 1 to n do
    begin
    write('x = '); readln(x[i]);
    write('y = '); readln(y[i]);
    sigmax := sigmax + x[i];
    sigmay := sigmay + y[i];
    end;
    ratax := sigmax/n;
    ratay := sigmay/n;
    sigma := 0;
    for i := 1 to n do
    begin
    px[i] := x[i] – ratax;
    py[i] := y[i] – ratay;
    k[i] := px[i]*py[i];
    sigma := sigma + k[i];
    end.

  4. mas yusuf……………..mas pintar matematika yah…….jawab dunkz penting untuk artikelku disma……tugas……….tugas………

  5. @nabila cantik
    terimakasih atas kunjunganya…
    Sy tdk pintar matematika, hanya hobi aja :)

  6. great..

    tolong gimana caranya bikin program untuk music..
    bisa tidak di program turbo pascal..

  7. aku bingung nih dapat ini L:10:2 K:10:2 darimana ya ???
    tolong di jawab yaa aku baru belajar nih..

    • @robi salam
      L:10:2 dan atau K:10:2 adalah cara untuk menampilkan format bilangan dengan tipe data real atau bilangan yang memiliki bilangan desimal.
      Misal : write(‘Luas lingkaran = ‘,L:10:2);
      artinya akan mencetak nilai luas lingkaran yg tersimpan dalam variabel L. Jika nilai pada varibel L adalah 12,5 maka akan dicetak xxxxxxxx12,50.
      x adalah space kosong.
      L:10:2 adalah menempatkan 10 angka sebelum koma (,) dan 2 angka setelah koma (,).

  8. Sangat membantu….

    SQRT dan SQR mantap….

  9. Wah terimakasih atas ilmunya……….
    Tapi saya igin bertanya kalo ingin menggunakan rumus algoritma di pascal bagaimana ya caranya…….
    misal 10log100………..
    Tolong bantuannya……….

  10. while do ngerti ngk bang??? saya masih blommm ngertiiii

    • @wahyu
      secara format psede-code while do dapat ditulis seperti:

      while do
      ;

      artinya jika benar atau terpenuhi maka bagian akan secara terus menerus dieksekusi sampai tdk terpenuhi.

      contoh:

      01 : n:=5;
      02 : while n<0 do
      03 : begin
      04 : writeln(n);
      05: n:=n-1;
      06: end;

      contoh diatas kan mengulang baris program 03 s.d 06.

  11. waduuuhhh klo dah main progammm pusing gua… ngk tau perangkat”nya…..

  12. kalau di compile eror programnya..padahal ga ada yg salah
    di buat expected 85 katanya

    • ada dua kemungkinan kesalahan:
      1. run-time error: dikarenakan kesalahan penggunaan tipe data
      2. sintak error: kesalahan karena penulisan perintah.
      Sebaiknya posting aja scriptnya disini atau via e-mail…
      Ntar saya coba pelajari kesalahannya…

  13. kok gk bsa ya program menu_program nya???
    apa yg salah ya?
    eror terus.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: