Beranda » Lab Elektronik » AND Gate

AND Gate

Selamat Datang

بِسْمِاللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Hai sahabat ... Selamat datang di Wisnurat's blog. Sedikit tulisan dan komentar yang mungkin asal-asalan, tapi mudah - mudahan deh bisa bermanfaat. Sebagai salam silaturahmi dengan senang hati kalau bisa tukaran link. Siapa tahu temen-teman yang lain juga ingin mampir ke blog sahabat. Terimakasih telah berkunjung. Jangan lupa mampir lagi ya... :)

Semua tulisan pada blog ini juga diposting pada blog okeguru.com

Masukkan alamat e-mail Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 201,058 hits

Tamu

free counters

Traffic

Google PageRank Checker

"AND Gate" dengan kata lain gerbang AND adalah kelompok gerbang dasar digital yang biasanya ditulis dengan aljabar F=A.B, simbol atau gambar yang biasa digunakan untuk gerbang dasar yang satu ini adalah seperti berikut :

gerbangAnd

Dan tabel kebenaran seperti di bawah ini :

A

B

F

0

0

0

0

1

0

1

0

0

1

1

1

Output "F" akan ber-logic "1" jika input "A" dan "B" ber-logic "1", selain dari itu maka outputnya akan "0". Untuk memudahkan dalam mengingat karakteristik dari gerbang dasar AND saya buat sebuah analogi.

Misal logic 1 artinya "anak baik" dan logic 0 artnya "anak pintar". Kemudian suatu saat sang ibu berkata kepada anaknya, "Anakku sayang jika kamu jadi anak baik DAN anak pintar maka akan ibu kasih hadiah", artinya supaya diberi hadiah maka harus baik dan pintar tapi kalau hanya memenuhi salah satu syarat saja tidak akan mendapatkan hadiah. (dapat hadiah = 1, tidak dapat hadiah = 0).

Mau prakterk ? Ok siapkan bahan-bahanya dulu ya…😉

  1. IC TTL 74LS08 satu buah;
  2. Resistor 1k Ohm dua buah;
  3. LED satu buah; dan
  4. Kabel secukupnya.

Kemudian rangkailah seperti gambar berikut :

and

Penampakan aslinya kayak gini nih… (klik pada gambar untuk liat ukuran besar)

and

Kawat berwarna coklat berfungsi untuk menggantikan S1 dan kawat berwarna putih untuk menggantikan S2. Sekarang coba lepas bergantian antara kawat coklat dengan putih dan bandingkan denan tabel kebenaran gerbang AND di atas…

Selamat mencoba…

Cari data sheet IC 74LS08


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Selamat Datang

بِسْمِاللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Hai sahabat ... Selamat datang di Wisnurat's blog. Sedikit tulisan dan komentar yang mungkin asal-asalan, tapi mudah - mudahan deh bisa bermanfaat. Sebagai salam silaturahmi dengan senang hati kalau bisa tukaran link. Siapa tahu temen-teman yang lain juga ingin mampir ke blog sahabat. Terimakasih telah berkunjung. Jangan lupa mampir lagi ya... :)

Semua tulisan pada blog ini juga diposting pada blog okeguru.com

Masukkan alamat e-mail Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: