Beranda » Serba Serbi » Dibalik Letusan Gunung Kelud

Dibalik Letusan Gunung Kelud

Selamat Datang

بِسْمِاللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Hai sahabat ... Selamat datang di Wisnurat's blog. Sedikit tulisan dan komentar yang mungkin asal-asalan, tapi mudah - mudahan deh bisa bermanfaat. Sebagai salam silaturahmi dengan senang hati kalau bisa tukaran link. Siapa tahu temen-teman yang lain juga ingin mampir ke blog sahabat. Terimakasih telah berkunjung. Jangan lupa mampir lagi ya... :)

Semua tulisan pada blog ini juga diposting pada blog okeguru.com

Masukkan alamat e-mail Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 201,058 hits

Tamu

free counters

Traffic

Google PageRank Checker

gunung kelud

Kamis, 13 Februari 2014 pukul 22.50 akhirnya Gunung Kelud mengeluarkan isinya. Sejak itu banyak BC di BBM yang mengajak untuk berdo’a dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berikut kutipan BBM yang saya terima:

Buat seluruh warga Indonesia khususnya yang tinggal di pulau Jawa dimohon dengan sangat berdo’a dan memohon kepadaNYA sesuai dengan keyakinan masing-masing untuk kelud yang sedang aktif, bagi yang Muslim kita dzikir sebentar ingat Allah…
“Subhanalooh, Walahmdulillah Walaa Ilaa Ha Illalloh Allohu Akbar wala hauula walaaquwata illa billah”…

Dari rekan lain mencoba mengingatkan kepada kita dengan mengkaji isi Al-Qur’an:

Subhanalloh, ternyata meletusnya Gunung Kelud telah tertulis dalam Al-Qur’an sejk 14 abad lalu. Tanggal 13 bula 2 (Surat 13 ayat 2): “Allah lah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan ALLAH MENGATUR URUSAN (makhluk-Nya), MENJELASKAN TANDA-TANDA (kebesaran-NYa), supaya kamu meyakini pertemuan mu dengan Tuhanmu”. Meletus jam 2:49, 22:50 (Surat 22:49-50): Katakanlah: “Hai manusia, sesungguhnya Aku adalah PEMBERI PERINGATAN YANG NYATA keadamu. “maka ORANG-ORANG BERIMAN DAN BERAMAL SOLEH, BAGI MERAKA AMPUNAN DAN RIZKI YANG MULIA”. Tahun 2014(Surat 20:14) “Sesungguhnya Aku ini adalah ALLAH, tidak ada Tuhan (yang haq) selain Aku,maka SEMBAHLAH AKU dan DIRIKANLAH SHALAT untuk MENGINGAT AKU.”
Subhanalloh…Inilah peringatan yang NYATA dari Allah SWT.
13 Februari 2014 – 22:49

Fenomena Menarik yang Muncul di Langit Gunung Kelud Saat Meletus


Ada sisi lain yang menarik untuk dilihat di tengah peristiwa letusan Gunung Kelud semalam. Dari semburan lava pijar, abu vulkanik dan gelegar petir yang menyambar, muncullah sejumlah bentuk yang menyerupai hewan atau simbol tertentu. Seperti apa?

paruh gunung kelud

Sumber : detik.com

Ular-Harimau Turun Sebelum Gunung Kelud Meletus

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan, pemerintah tak hanya melihat tanda-tanda meletusnya Gunung Kelud dari data-data ilmiah tetapi juga dari fenomena alam. Menurut Jero, fenomena alam memberikan peringatan waktu meletusnya Kelud semakin dekat.

“Kemarin sore, ada tanda-tanda alam di Jawa Timur. Alam memberikan sinyal, di samping data ilmiah yang kita monitor. Ada harimau, ular, dan kera yang turun dari Gunung Kelud. Alam memberi tanda bahwa sebentar lagi Kelud meletus,” ucap Jero, seusai rapat terbatas dengan Presiden di Kantor Kepresidenan, Jumat (14/2/2014).

Selain fenomena itu, lanjut Jero, gempa tremor juga semakin sering terjadi. Pemerintah daerah bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun meresponsnya dengan melakukan koordinasi intensif.

Seperti diketahui, status Gunung Kelud akhirnya meletus pada pukul 22.50 atau berselang 1 jam 35 menit setelah status gunung itu ditingkatkan menjadi awas. Sebelum memulai rapat terbatas tentang situasi terakhir Gunung Kelud pagi ini, Presiden juga bersyukur tidak ada korban jiwa dalam letusan Gunung Kelud kali ini. Menurutnya, masyarakat di sekitar Gunung Kelud patuh dengan apa yang disarankan pemerintah sehingga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Ini pelajaran yang dapat kita petik, kalau saudara-saudara kita, masyarakat lokal, sungguh mematuhi apa yang disampaikan pemerintah, maka sesungguhnya kita bisa mnencegah jatuhnya korban jiwa yang tidak perlu,” ujarnya.

Presiden juga telah memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif dan Gubenur Jawa Timur Soekarwo untuk melakukan kegiatan tanggap darurat di lokasi.

“Saya juga sudah memberikan instruksi kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk segera dan ditingkatkan intensitas bantuannya,” kata Presiden.

Seperti diberitakan, Gunung Kelud erupsi pada pukul 22.50 WIB. Letusan gunung ini mencapai ketinggian 17 kilometer. Hingga kini, dampak abu vulkanik dari letusan gunung Kelud dirasakan hingga Purwokerto, Cilacap, dan Bondowoso. Penerbangan menuju Yogyakarta, Solo, dan Surabaya hingga kini terpaksa dihentikan akibat pendeknya jarak pandang.

Sumber: http://www.tribunnews.com/nasional/2014/02/14/ular-harimau-turun-sebelum-gunung-kelud-meletus

Semoga kita bisa mengambil hikmah dan terus mendekatkan diri kepada Sang Maha Pemcipta ALLAH SWT. Aaminn.


2 Komentar

  1. Bawono mengatakan:

    Mana ada ayat/surat dalam Al-Quran yang memberi penjelasan tentang gunung yang busa meletus atau gunung yang bisa mengepulkan asap? atau saya mungkin yang kurang paham tentang Al-Quran! mungkin anda yang lebih faham tolong sebutkan surat apa ayat berapa?

  2. Bawono mengatakan:

    Ralat maksutnya bisa meletus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Selamat Datang

بِسْمِاللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Hai sahabat ... Selamat datang di Wisnurat's blog. Sedikit tulisan dan komentar yang mungkin asal-asalan, tapi mudah - mudahan deh bisa bermanfaat. Sebagai salam silaturahmi dengan senang hati kalau bisa tukaran link. Siapa tahu temen-teman yang lain juga ingin mampir ke blog sahabat. Terimakasih telah berkunjung. Jangan lupa mampir lagi ya... :)

Semua tulisan pada blog ini juga diposting pada blog okeguru.com

Masukkan alamat e-mail Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: